Step by Step Cara Mengatasi Install Error Plugin Jetpack Pada c-Panel Hosting Niagahoster

Step by Step Cara Mengatasi Install Error Plugin Jetpack Pada c-Panel Hosting Niagahoster

Memiliki sebuah website di wordpress tentunya menyenangkan, disamping wordpress menyediakan banyak plugin yang membantu eksisnya sebuah website, namun untuk bisa mengoperasikan wordpress agar berjalan dengan baik dan maksimal, memang dibutuhkan skill yang sedikit dalam, terutama pengetahuan tentang plugin.

Salah satu yang pernah menjadi persoalan tentang plugin ini adalah plugin Jetpack [download plugin jetpack disini], sebagaimana diketahui plugin jetpack merupakan salah satu plugin Favorit pada pengguna wordpress, dengan plugin jetpack anda mendapatkan fitur lengkap wordpress.com untuk di operasikan pada website wordpress self hosting anda, selain itu dengan jetpack anda juga bisa membagikan artikel secara otomatis ke berbagai jejaring social, sehingga konten artikel yang anda tulis juga bisa dibaca oleh pengguna jejaring social, misalkan twitter, facebook, google plus, pinteres dan lain sebagainya.

download plugin jetpack disini


Namun sayangnya seringkali terjadi error atau plugin jetpack tidak bisa dihubungkan dengan wordpress anda, bagi pengguna baru layanan niagahoster biasanya akan kebingunan, mencari solusi bagaimana cara mengaktifkan plugin jetpack setelah berhasil diinstall, dan tidak semua layanan hosting yang merinci solusi persoalan ketika install plugin Jetpack bermasalah, berdasarkan pengalaman kami yang juga pernah mengalami persoalan error pada install plugin jetpack, kali ini kita coba bahas tentang solusinya, ketika aktifasi install plugin jetpack bermasalah di wordpress self hosting niagahoster.

tiutorial hosting niagahoster


a. Install Plugin Jetpack

Sebelum kita mengupas solusi error install plugin jetpack pada hosting yang disediakan niagahoster, ada baiknya kita coba bahas tahapan bagaimana cara install plugin jetpack di web wordpress.

1. Download plugin jetpack disitus resmi wordpress.org,

2. Tambah plugin di dasbor wordpress anda.

install plugin jetpack melalui dasbor


Setelah sukses menambahkan plugin jetpack di wordpress anda, berikutnya buat sebuah akun di wordpress.com, hal ini bertujuan untuk menyambungkan website self hosting anda dengan akun anda di wordpress.com.

b. Membuat akun di wordpress.com dengan Sembilan langkah mudah.

Untuk bisa memanfaatkan plugin jetpack maka anda perlu memiliki akun di wordpress.com, berikut step by step cara membuat akun di blog wordpress.com, namun sebelum blog wordpress dibuat pastikan anda sudah memiliki sebuah akun email google, untuk anda yang belum paham cara membuat akun email di google silahkan klik tautan ini [Cara membuat akun email di google].

1. Step 1 Registrasi di www.wordpress.com

Saya asumsikan sobat sudah memiliki sebuah email, berikutnya kita langsung menuju wordpress.com, seperti penampakan berikut, kemudian klik “Creat website”.

halaman muka wordpress


2. Step 2 Menentukan jenis blog

Pada tahap ini penting untuk anda menentukan, blog yang dibuat itu tujuannya untuk apa, apa sekedar hobi, jualan, atau hal lainnya, intinya tentukan tujuan blog anda sesuai dengan website wordpress self hosting, dalam contoh ini kita anggap blog wordpress ini tentang “writing and books”.

memilih jenis blog


3. Step 3 Tentukan kategori blog

Tahap ini kita menetukan jenis blog lebih spesifik lagi, anda boleh memilih sesuai topic yang ingin anda bahas dalam blog wordpress, pada contoh kali ini kita memilih kategori “Non-Fiction and Memoir”.

pilih kategori blog


4. Step 4 Memilih Tampilan Layout Blog

Ada tiga pilihan tampilan layout yang disediakan untuk blog wordpress anda, silahkan pilih salah satunya, pada contoh kali ini kita memilih “A list of my latest posts”.

memilih tampilan layout blog wordpress


5. Step 5 memilih tampilan blog (theme blog wordpress)

Pilihan pada step ini sewaktu-waktu juga bisa anda ganti sesuai selera, untuk contoh ini kita memilih theme “Twenty Sixteen”.

pilih theme wordpress kesukaan anda


6. Step 6 membuat sebuah domain blog

Pada step ini anda diminta untuk menentukan nama atau judul blog anda, perhatikan untuk nama domain dipilih sesuai ketersediaannya, bagi anda yang membuat blog versi free, dan nama domain ini sekaligus akan menjadi alamat url blog anda, pada contoh kali ini kita memilih domain dengan nama “hostingdomainblog” jadi url blognya “www.hostingdomainblog .wordpress.com”.
tentukan domain

domain sudah terpilih



7. Step 7 memilih rencana pembayaran

Karena blog yang kita buat ini free, maka anda klik “Free plan”.

memilih perencanaan pembayaran wordpress


8. Step 8 registrasi email

Pada tahap ini anda memasukkan alamat email yang sudah dipersiapkan, sekaligus sebagai bagian dari proses member di wordpress.com, setelah memasukkan alamat email dan membuat sebuah password, saran saya buatlah password yang kuat dan mudah anda ingat, berikutnya klik “Create my account”.

regsitrasi email di wordpress


9. Step 9 melakukan verifikasi akun

Tahap terakhir dari proses registrasi ini adalah melakukan verifikasi, cek inbok email yang anda gunakan untuk registrasi, biasanya dalam beberapa saat kemudian wordpress mengirimkan link aktivasi akun untuk kepemilikan blog dan akun wordpress anda.

Nah selesai tahapan membuat blog di wordpress.com, berikutnya kita kembali ke “mengatasi install error jetpack pada hosting cpanel niagahoster”.

Setelah anda berhasil install plugin jetpack, akan terlihat pada dasbor anda untuk menautkan jetpack website self hosting wordpress dengan blog wordpress.com anda, nah disinilah biasanya letak utama persoalannya, seringkali jetpack tidak bisa ditautkan dan muncul pesan error atau 404 (forbidden), atau website anda tidak terdeteksi, dan bermacam pesan lainnya.

Untuk memperbaiki error install plugin jetpack pada dasbor website wordpress, pengguna hosting c-panel niagahoster, perlu melakukan pengaktifan xmlrpc.php, anda harus login terlebih dahulu di akun c-panel, jika anda mengalami persoalan error jetpack pada dasbor wordpress dan sedang membaca artikel ini anda tidak perlu menghubungi teknisi hosting niagahoster, ikuti petunjuk yang kami tuliskan disini, dari c-panel anda harus melakukan penambahan pada file .httaccess agar xmlrpc.php aktif, berikut cara mengaktifkannya

c. Mengaktifkan xmlrpc.php pada cpanel niagahoster

Pengguna layanan niagahoster pada umumnya tahu jika xmlrpc tidak diaktifkan, menurut keterangan yang kami peroleh dari artikel pengetahuan dasar layanan yang disediakan niagahoster, hal tersebut memang sengaja dilakukan agar website wordpress tidak mudah disusupi DDOS, namun karena kali ini kita akan mengaktifkan jetpack, maka mau tidak mau xmlrpc harus diaktifkan, bagaimana cara mengaktifkan xmlrpc pada hosting c-panel? Yang perlu anda lakukan adalah menambahkan beberapa baris perintah, pada file .httaccess seperti yang tertulis dibawah ini.

<Files xmlrpc.php>
Satisfy any
Order allow,deny
Allow from all
</Files>

Step by step menambahkan perintah pada file .httaccess pada c-panel hosting niagahoster

1. Login ke c-panel dengan user ID dan password anda.

2. Pilih file manager
tampilan dasbor hosting cpanel



Setelah anda klik file manager maka akan tampak tampilan root file public_html, namun disini belum terlihat file .httaccess.

tampilan publick html cpanel niagahoster

Untuk bisa terlihat klik pengaturan ("Setting") lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini
menampilkan tampilan tersembunyi pada cpanel niagahoster

dan centang “Show hidden files” untuk semua file yang disembunyikan, seperti tampilan gambar dibawah ini.
centang show hidden files

Setelah itu klik save.

3. Penampakan file yang disembunyikan


file yang disembunyikan berhasil ditampilkan


Jika file .httaccess sudah kelihatan maka berikutnya klik file .httaccess, seperti pada gambar dibawah ini.
inilah penampakan file httaccess yang disembunyikan

Kemudian “edit”, setelah itu klik edit pada menu toolbar, dengan klik edit anda akan dibawa ke halaman text editor, seperti tampilan dibawah ini.
perintah menampilkan file tersembunyi


tambahkan command agar xmlre.php aktif


Isikan data sebagai berikut pada baris paling bawah didalam file .httaccess, seperti pada contoh file .httacces diatas.

<Files xmlrpc.php>
Satisfy any
Order allow,deny
Allow from all
</Files>

Setelah itu klik “save”

Setelah semua prosedur diatas dilakukan, kembali ke dasbor wordpress anda kemudian refresh halaman plugin, setelah itu klik hubungkan jetpack dengan wordpress, jika anda melakukan prosesnya dengan benar maka tidak lama kemudian anda akan dibawa ke halaman login wordpress.com untuk memberikan akses website wordpress self hosting anda dengan blog wordpress.com.

Nah demikian sobat pembahasan kita tentang mengurai persoalan install error atau 404, 403 (forbidden), pada saat melakukan penautan website wordpress self hosting dengan blog wordpress.com, jika ada pertanyaan jangan sungkan silahkan tuliskan pada komentar, jika ada waktu dan kesempatan tim kami InshaAllah akan membahasnya, terima kasih atas perhatiannya, sampai jumpa di artikel lainnya. 

Salam …
Step by Step Cara Mengatasi Install Error Plugin Jetpack Pada c-Panel Hosting Niagahoster
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

23 komentar

Tulis komentar
avatar
December 01, 2016 6:46 pm

Artikel yang sangat membantu gan. Trima kasih banyak.
By Prapto : http://segalabarang.com

Reply
avatar
December 02, 2016 9:06 pm

Thanks Gan, berguna banget.
Mestinya NiagaHoster terima kasih sama Agan nih. :-)

Selamat berkarya terus Gan.

Reply
avatar
January 19, 2017 4:45 am

alahmdulillaaaah terimakasih

Reply
avatar
February 21, 2017 11:41 pm

Terima kasih ya. Artikelnya sangat membantu. Sekarang saya sudah bisa mengaktifkan plugin Jetpak. Sekali lagi terima kasih.

Reply
avatar
March 20, 2017 3:06 am

sama-sama gan, semoga membantu.

Reply
avatar
March 20, 2017 3:07 am

terima kasih gan, semoga membantu.

Reply
avatar
March 20, 2017 3:07 am

terima kasih gan, semoga membantu.

Reply
avatar
March 20, 2017 3:08 am

terima kasih gan, semoga membantu.

Reply
avatar
March 20, 2017 3:08 am

terima kasih gan, semoga membantu.

Reply
avatar
March 20, 2017 3:08 am

terima kasih gan, semoga membantu.

Reply
avatar
May 10, 2017 2:21 am

terimakasih, sangat membantu.....

Reply
avatar
May 11, 2017 4:27 am

artikel nya sangat sangat membantu om, sebelum nya terima kasih

Reply
avatar
September 08, 2017 11:32 pm

Terima kasih.... akhirnya bisa terinstall jetpack di blog saya...

Reply
avatar
September 19, 2017 6:58 pm

Semoga bermanfaat, senang bisa membantu anda.

Reply
avatar
September 21, 2017 8:13 am

salam gan

file httacces pada file manager di c-panel kami lum juga kelihatan

apa mungkin ada cara lain untuk menampilkannya

Reply
avatar
September 24, 2017 8:53 pm

setelah klik file menager Coba buka dulu setinganya gan, letaknnya di pojok kanan atas, pada saat muncul pop-up preference centang "Show hidden files", setelah itu cari dengan teliti letak file httaccesnya, pada file manager tersebut.

jika agan masih kesulitan coba kiriman screenshot tampilan file managernya, barangkali kami bisa bantu lebih lanjut, semoga berhasil.

Salam.

Reply
avatar
September 27, 2017 9:31 pm

Terimakasih artikelnya sangat membantu. Ini yang saya cari-cari.

Reply
avatar
September 28, 2017 5:37 pm

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Reply
avatar
February 01, 2019 10:00 am

terima kasih banyak atas infonya
https://pramagrup.com/

Reply